Loading

wait a moment

Enam Cara Hemat Anti Bokek, Penting Buat Masa Depan

Sebanyak apapun gajimu pasti cepat habis jika kamu tak tepat dalam mengelola pengeluaran. Menyimpan duit di masa muda itu penting loh untuk mengantisipasi masa tua nanti. Dan bisa saja kita perlukan ketika ada tagihan yang tiba-tiba atau dapat kita manfaatkan sàat sudah tak produktif lagi. Sehingga menyisihkan duit buat ditabung itu sangat dianjurkan. Untuk memulai memang tidak gampang namun kalau kita mampu memulai dari sesuatu yang kecil niscaya akan terbiasa.

Berikut ini enam cara agar kamu mampu hemat, tapi tetap bisa main dengan teman-temanmu, baca yaa:

1. Setelah gajian sisakan uang untuk ditabung

Usahakan tiap bulan kamu harus menabung sekian persen dari upahmu ya sobat BOB.

“Beli semua yang kamu inginkan terlebih dulu, baru sisanya disimpan” ini ialah uangkapan yang tidak benar. Hindari ini ya…

Karena ungkapan tersebut terbalik, seharusnya kamu menyisihkan terlebih dahulu baru sisanya bisa kamu belikan sesuatu yang kamu butuhkan. Sekali lagi .. jangan mendahulukan sesuatu yang kamu kehendaki. Kamu boleh membelinya menggunakan uang simpananmu nanti kalau sudah mencukupi.

2. Menulis kebutuhan bulanan

Sepandai apapun kita mengatur keuangan kadang masih bisa bocor, hal itu mungkin karena kita belanja sesuatu yang tak begitu dibutuhkan atau malah tak penting.

Kamu harus mengevaluasi pengeluaran bulan ini dengan cara menulis seluruh pengeluaran. Kamu dapat amati baik-baik untuk apa saja uangmu dibayarkan, buat kebutuhan atau hanya sekedar gaya hidup belaka.
Kamu pun kudu memisah antara dana simpanan dengan duit yang akan kamu fungsikan untuk keperluan selama 1 bulan seperti: makanan pokok, tagihan PLN, air, pulsa, bayar wifi, bayar anak sekolah dll.

Lalu kamu bisa memperbaiki di bulan depannya, supaya kamu dapat lebih efisien lagi.

3. Masak Sendiri

Breakfast di luar? makan malam di luar ?? Nggak musti setiap hari kan.
Sebab umumnya orang di Indonesia makan 3 kali, kalau satu keluarga makan di rumah makan akan banyak merogoh uang gaji bulananmu.

Masak sendiri bukan berarti tidak bisa makan yang enak loh! Kamu dapat membuat sarapan roti tawar dengan isi telur & sayur bersama segelas teh hangat. Untuk dinner kamu bisa masak rendang, ayam panggang dan lain-lain.

Semua itu akan jauh lebih ekonomis dari makan di warung, kemudian masak di rumah juga akan lebih bersih serta higienis. Sebab kamu bisa menakar penggunaan MSG atau pengawet berbahaya, memilih gula murni tanpa pemanis buatan, dan tentunya lebih menjaga kebersihan.

4. Mencari pemasukan sampingan ( lembur )

Mau beli ini itu? Mau sering ngumpul bareng kawan – kawan ??
Santai saja, kamu bisa tetap nongkrong, nyantai di angkringan ataupun jajan sore seusai kerja tanpa merogoh gaji pokok kerjamu. Proses awalnya kamu harus membuat catatan anggaran belanjamu.

Jika masih kurang dana jajanmu, kamu dapat mencari pendapatan tambahan contohnya: jualan online, menulis blog berbayar, ngevlog, jualan pulsa dan seterusnya.

5. Investasi

Investasi harus dikerjakan supaya duitmu berkembang dan nggak tergilas oleh inflasi. Akan tetapi kamu jangan berharap duitmu bertambah berlipat ganda hanya dengan jarak sebulan atau setahun ya.

Investasi nggak selalu perkara duit, kamu pun bisa belanja sesuatu yang akan menghasilkan nilai tambah setiap waktu. Investasi uang dapat dicoba dengan nominal yang kecil.

6. Komitmen

Kamu bisa itu karena terbiasa, segalanya dapat menjadi nggak guna kalau kamu tidak berusaha komitmen di dalamnya. Memang segalanya tiada yang gampang, tapi kamu bisa membiasakan dari hal-hal yang paling mudah dahuku, pelan-pelan ya..

Kalau kamu belum bisa masak setiap hari, kamu bisa masak seminggu sekalin bila sudah terbiasa kamu bisa masak 1 minggu 2 kali dan seterusnya. Pelan-pelan, pasti kamu bisa.

Hemat itu belum tentu dompet dikosongin ya, namun pandai menyimpan dan keperluan lain tercukupi. Hemat itu tidak berarti bokek, lalu kamu Cuma pengen saat sahabatmu ngopi di warung.

Jadilah orang yang bisa mengatur keuangan, tak diatur oleh uang. Ini bukan majas hiperbola atau melebih-lebihkan. Tapi memang begitulah cara orang-orang sukses mengatur keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: