Loading

wait a moment

Bunga Harum Yang Mungkin Ingin Kamu Cium Wanginya

1. JASMINE

Harumnya Jasmine atau melati sudah membuat menjadi bunga yg amat digemari banyak orang di semuanya dunia. Ada lebih dari 200 spesies serta di Indonesia satu diantaranya macamnya adalah melati putih (jasminum sambac), dimanfaatkan menjadi lambang nasional. Warnanya yg putih ikut dipandang seperti lambang kesucian serta kemurnian. Tanaman merambat ini bisa tumbuh pada 3-5 mtr.. Tidak hanya menjadi accessories pengantin, di sebagian negara bunga keringnya dimanfaatkan menjadi teh serta bahan baku minyak wangi.

2. ROSE

Bunga yg amat digemari banyak orang menjadi ungkapan cinta serta kasih sayang. Sebelum mengembangnya technologi hortikultura, mawar di jaman dahulu malah amat memiliki bau harum. Akan tetapi sekarang banyak muncul kultivar baru yg malah tidak memiliki bau (semisalnya rosa banksiae). Menjadi komoditas yg berharga ekonomi tinggi, mawar banyak dimanfaatkan untuk bunga potong serta minyak wangi.

baca juga tentang bunga mawar lebih rinci disini.

3. FRANGIPANI

Nama Frangipani datang dari nama bangsawan Itali yg di masa ke-16 bikin minyak wangi dari ekstrak bunga ini. Dalam Bahasa Inggris dimaksud Plumeria serta dalam Bahasa Indonesia. dimaksud Kamboja atau Cempaka Pendam. Orang Asia kerap menyimpulkan mitos bunga Kamboja sama juga dengan beberapa hal yg seram seperti kematian, kuburan, hantu dan lain-lain. Ini lantaran saat malam hari Kamboja sebarkan berbau harum yg semerbak. Meskipun sebenarnya berbau itu memang untuk menarik serangga supaya lakukan penyerbukan. Frangipani berubah menjadi lambang kota Palermo di Sisili Itali serta adalah bunga berkebangsaan Nikaragua (ada di uang kertasnya). Tahukah Anda jka bunga Kamboja berharga jual tinggi? Di bursa pasaran harga perkilonya dapat sampai Rp. 20.000 – Rp. 40.000 menjadi bahan pengharum, kosmetik serta spa. Bahkan juga pasarnya sudah tembus sampai ke luar negeri.

4. SWEET ALYSSUM

Lobularia maritima atau Sweet Alyssum atau Sweet Alison (kerap dimaksud Alyssum), bukan sekedar cantik namanya namun ikut punya aroma memukau. Bunganya berwarna putih dengan susunan batang yg amat rendah ke tanah sampai serupa karpet hijau. Suatu pilihan pas untuk Anda yg cuma miliki dana minim, akan tetapi pingin percantik kebun. Bibitnyapun gampang tumbuh, lantaran cukuplah ditabur dengan perawatan yg tidak menyusahkan.

5. CHOCOLATE COSMOS

Bunga ini pas untuk Anda banyak pecinta coklat. Chocolat Cosmos (cosmos astrosanguineum) datang dari Meksiko serta berwarna merah gelap. Aroma vanili yg harum serta serupa permen coklat muncul kala bunga ini mekar pada musim panas. Walau aromanya menarik, jangan sampai tergoda untuk mengecap bunganya yg beracun. Sekarang tanaman tahunan ini cuma bertahan menjadi klon tunggal non subur dari perbanyakan vegetatf tahun 1900 an. Tanaman aslinya dirasa sudah punah semenjak seratus tahun saat lalu.

6. WISTERIA

Di Amerika selatan aroma manis Wisteria yg menyebar di hawa ialah sinyal datangnya musim semi. Di Jepang dimaksud dengan Fuji Musume serta dirasa bunga yg indah setelah Sakura. Wisteria ialah tanaman merambat (ada yg berupa ornament) dengan warna ungu, violet biru, putih serta merah muda. Bungana yg menjuntai ke bawah berikan sensasi ketenangan untuk mereka yg duduk dibawahnya.

7. SWEET PEA

Kondang lantaran bunganya yg amat wangi (walau tidak semua varietasnya), Sweet Pea (lathyrus odoratus) berbentuk tanaman merambat yg tingginya 1-2 mtr.. Semenjak lebih dari 300 tahun lalu “si kacang polong manis” ini sudah dikembangbiakkan menjadi tanaman hias. Bunganya muncul dalam nuansa warna yg tidak serupa dari merah ke pink, atau putih ke kuning ditambah gabungan kedua-duanya.

8. LILY OF THE VALLEY

Bunga menjadi perlambang kemurnian cinta ini diyakini membawa keberuntungan serta kelanggenan. Lumrah apabila kerap diketemukan dalam serangkaian bunga pernikahan. Tumbuhan yg selalu hijau (perennial) ini punya toksin beresiko yg dapat mengakibatkan kematian apabila dikonsumsi kebanyakan. Lantaran wanginya Lily of the Valley ikut dimanfaatkan untuk produksi minyak wangi. Bunga ini berupa lonceng imut yg menggantung serta berwarna putih sampai kemerah- mudaan.

9. GARDENIA

Di muka musim panas aroma bunga Gardenia yg menyembul dari tanaman semaknya berikan sensasi yg fantastis. Bunganya yg berwarna putih sudah memberikan inspirasi sejumlah merk minyak wangi terkenal seperti Chanel’s Gardenia serta Marc Jacobs Eau de Perfume.
Tanaman ini dapat sampai tinggi 6-8 kaki serta butuh tanah yg subur, penyiraman yg teratur serta sinar mataari yg cukuplah. Bukan sekedar manusia yg menggemarinya lantaran seranggapun ikut demikian. Perawatannya memang perlu usaha, akan tetapi sesuai juga dengan keindahan serta aromanya.

10. FOUR O’CLOCK

Dimaksud dengan Marvel of Peru (mirabilis jalapa) yg mekar di sore hari, selama malam sampai pagi seterusnya. Nama “Mirabilis” datang dari bahasa latin yg bermakna menakjubkan serta “Jalapa” ialah nama kota di Meksiko. Bukan sekedar wangi yg kuat serta fresh, “bunga waktu empat” ini punya gabungan warna yg cantik di tiap-tiap mahkota bunganya. Bunganya juga bisa dimanfaatkan menjadi pewarna alami makanan. Dan daun yg diolah bisa dikonsumsi akan tetapi cuma untuk keadaan darurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: