Loading

wait a moment

Cara Menghindari Kulit Kering dalam Kehamilan

Hamil merupakan awal dai kehidupan, tanpa itu tentu tidak akan ada kehidupan untuk kita. Hamil merupakan fase yang sangat penting dalam siklus kehidupan dan karena itu hamil bukanlah fase yang bisa dihadapi dengan mudah. Tentu ada alasan tersendiri kenapa hanya wanita yang ditakdirkan untuk hamil dan untuk itu sebagai wanita kita tentu harus bangga.

Saya yakin di antara Anda semua pembaca sangat ingin mendapatkan kehamilan, karena seperti itulah sejatinya seorang wanita untuk menjadi Ibu yang mengemban tanggung jawab besar kepada anak-anaknya. Namun seperti yang telah kita pahami bersama kehamilan itu adalah sebuah tanggung jawab yang sangat besar karena kehamilan pun membutuhkan banyak pengorbanan dari Ibu dan mental yang kuat.

Tidak dapat dipungkiri setiap pasangan pastinya ingin mendapatkan anak dan merasakan bahagianya menjadi orangtua, namun tidak semua diantaranya bisa mendapatkannya. Tidak sedikit diantara mereka yang menunggu waktu yang lama bahkan tidak sedikit pula diantara mereka yang tidak bisa mendapatkannya.

Untuk itu bagi Anda yang mendapat kehamilan Anda patut bersyukur dan menjaga kehamilan Anda dengan baik.

Seperti yang saya sebutkan di atas kehamilan tidak mudah, bahkan setiap Ibu harus melalui 9 bulan fase kehamilan yang sangat menyiksa, menguras tenaga, pikiran, mental dan hati. Karena dalam kehamilan akan terjadi begitu banyak perubahan pada Ibu hamil, yang sudah dimulai dari hari pertama kehamilan, minggu, bulan hingga akhirnya tiba masa persalinan.

Seorang Ibu hamil akan mengalami banyak perubahan, salah satu perubahan yang terjadi dalam kehamilan adalah perubahan pada kulit. Mungkin selama ini Anda tahu jika saat hamil kulit Anda akan melar seiring dengan usia kehamilan yang diikuti oleh pertumbuhan dan perkembangan janin yang dikandung.

Tapi selain kulit yang melar, Ibu hamil juga akan mengalami gangguan kulit lainnya seperti kulit yang mengering. Beberapa diantaranya kulit Ibu hamil mungkin akan menjadi indah selama kehamilan yang membuatnya lebih cantik, namun umumnya kondisi yang paling sering terjadi adalah kulit Ibu hamil mengalami kekeringan. Kulit kering adalah gangguan yang umum terjadi dalam kehamilan. Gangguan tersebut terjadi karena hormon Ibu hamil yang mengalami perubahan.

Kulit kering diakibatkan oleh pengaruh hormon yang menyebabkan kulit Anda kehilangan kandungan cairannya, minyaknya dan juga elastisitas pada kulit. Gangguan seperti ini biasanya akan menyebabkan beberapa masalah lainnya, seperti stretch mark atau kulit pecah-pecah.

Namun menurut sejumlah pakar hal tersebut tidak harus menjadi kekhawatiran Anda yang dapat mengganggu fokus Anda kehamilan Anda sendiri. Bisa dipahami jika Anda adalah salah satu wanita yang ingin mendapatkan kulit yang sehat dan tidak mengalami kulit kering, kulit jadi kusam, kulit berminyak, berjerawat dan berbagai masalah lainnya. Namun selama kehamilan semua kondisi tersebut sangat wajar karena dipengaruhi oleh hormon di dalam tubuh Anda.

Nah, untuk membantu Anda menghindari kulit kering dalam kehamilan Anda, berikut ini saya punya beberapa cara yang bisa menjadi masukan yang menolong Anda.

Penuhi Kebutuhan Cairan

Tubuh kita membutuhkan asupan makanan untuk mendapatkan energi, namun selain kebutuhan makanan kita juga wajib untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita. Cairan di dalam tubuh memiliki peran yang sangat penting untuk memperlancar semua fungsi organ, bahkan dari hal tersebutlah sejumlah pakar menyarankan agar kita selalu memenuhi asupan cairan tubuh setiap harinya.

Nah, hal yang sama juga berlaku untuk Anda dalam kehamilan. Cairan penting untuk memperlancar asupan nutrisi, protein dan mineral yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin sehingga penting untuk selalu memenuhinya. Namun selain itu memenuhi kebutuhan cairan juga sangat baik untuk menghidari masalah kulit kering bahkan juga bisa mengatasinya.

Jadi mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter perhari adalah cara pertama untuk mengatasi masalah kulit kering dan juga menghindari masalah dehidrasi. Mendapatkan banyak manfaat dari satu cara tentu sangat baik bukan?

Perbanyak Sayur dan Buah

Buah dan sayur adalah makanan yang sangat penting dalam kehamilan. Seperti yang kita ketahui buah dan sayur merupakan makanan sehat yang kaya akan manfaat untuk tubuh Anda dan juga kehamilan Anda. Nah, buah dan sayur juga punya kandungan yang bermanfaat untuk menghindari kulit kering dalam kehamilan Anda. Untuk itu Anda pun sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayur seperti alpukat, zaitun dan kacang-kacangan.

Gunakan Pelembab

Untuk mengatasi kulit kering saat hamil, cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan pelembab. Nah, untuk itu saya punya beberapa tips untuk Anda, antara lain:

  • Jangan lupa menggunakan pelembab pada siang hari dan malam hari
  • Pastikan Anda menggunakan pelembab saat cuaca sedang panas atau saat Anda sedang bepergian keluar rumah
  • Gunakan pelembab setelah Anda mencuci tangan atau setelah Anda ke kamar kecil
  • Gunakan pelembab dengan bahan khusus pada kulit yang sangat rawan mengalami kekeringan seperti tumit, lutut dan siku
  • Gunakan pelembab atau tabir surya untuk menghindari paparan langsung sinar matahari
  • Perawatan tubuh seperti masker pelembab untuk menghidari kulit kusam dan kering

Perhatikan Sabun yang Anda Gunakan

Mandi juga bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi masalah kulit kering. Namun sebaiknya saat Anda mandi Anda memperhatikan beberapa hal. Mulai dari waktu, air yang Anda gunakan hingga penggunaan sabun dan perangkat mandi lainnya.

Anda sebaiknya menggunakan air hangat untuk membantu mempertahankan kandungan minyak alami pada kulit Anda. Saat mandi Anda juga bisa mencampurkan bath oil ke dalam bathub Anda. Pastikan saat mandi Anda tidak menggunakan sabun yang mengandung bahan deodorant karena kandungan tersebut dapat menyebabkan kulit Anda kering.

Nah, yang terakhir saat Anda sebaiknya Anda tidak lebih dari 15 menit, waktu mandi yang terlalu lama juga bisa menyebabkan kulit Anda kering dan sehabis mandi pastikan Anda menggunakan pelembab kulit.

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah produk-produk yang Anda gunakan, pastikan Anda tidak menggunakan produk-produk yang memiliki kandungan zat berbahaya karena zat tersebut bisa menyebabkan masalah serius pada kehamilan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: