Loading

wait a moment

4 Keluhan Umum Pada Kehamilan 9 Bulan

Usia kehamilan 9 bulan adalah usia di mana janin telah bertumbuh besar tentunya, dan beban yang di bawa oleh ibu hamil tentunya akan semakin bertambah. Bobot bayi yang tumbuh tersebut tentunya karena semua organ-organ dalam tubuh janin telah sempurna semuanya, hanya tunggu waktu persalinan saja.

Tapi, semakin menghadapi waktu persalinan para ibu hamil biasanya sering memberikan keluhan-keluhan. Keluhan para ibu hamil di usia 9 bulan ini adalah hal wajar. Apa saja keluhan dari ibu hamil di usia 9 bulan tersebut?

Semua bisa Anda simak di bawah ini.

1. Gangguan Pernapasan

Keluhan pertama yang dirasakan ibu hamil pada masa kehamilan 9 bulan adalah gangguan terhadap pernapasan. Gangguan pernapasan pada ibu hamil itu adalah hal yang wajar. Pasalnya, bayi atau janin yang ada dalam rahim ibu hamil tentunya akan berkembang apabila telah mencapai usia 9 bulan.

Janin yang berkembang lebih besar ini akan menekan organ pernapasan ibu hamil khususnya diafragma, yang akan mengakibatkan ibu hamil sering mengalami sesak. Ada juga ibu hamil yang mengalami sesak napas hingga suhu tubuh meningkat pada bagian tulang iganya.

Ibu hamil yang mengalami kondisi seperti disebabkan karena posisi ari kepala sang bayi yang agak turun.

2. Perubahan Kondisi Fisik Seperti Kaki Membengkak

Kondisi fisik yang ikut berubah saat ibu hamil mencapai usia kehamilan 9 bulan adalah kaki yang membengkak. Hal ini bagi sebagian ibu hamil memang banyak yang mengalaminya, dan termasuk hal wajar. Kaki bengkak pada ibu hamil ini disebabkan karena adanya varises vena pada daerah kaki ibu hamil.

Untuk mencegah dan sekaligus mengatasi hal tersebut, caranya cukup mudah. Ibu hamil yang mengalami kondisi kaki bengkak bisa mengatasinya dengan cara sering berjalan kaki, agar pembuluh darah disekitar area kaki dapat lancar kembali. Sehingga darah pun dapat mengalir dengan sempurna ke seluruh bagian tubuh ibu hamil.

3. Sering Merasakan Kontraksi Palsu

Usia kehamilan yang mencapai 9 bulan tentunya adalah usia bagi ibu hamil untuk segera menghadapi persalinan. Persalinan memang haruslah disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya agar pada waktu persalinan nanti ibu hamil tidak kerepotan.

Karena, di usia kehamilan ini para ibu hamil nantinya akan selalu dikejutkan dengan berbagai kontraksi-kontraksi palsu atau dalam istilah medisnya lebih dikenal dengan istilah Braxton Hicks. Kontraksi palsu seperti ini terjadi di saat ibu hamil dalam kondisi yang kelelahan.

Untuk mengatasi hal tersebut sangatlah mudah, Anda cukup duduk di kursi atau berbaring dengan nyaman di kasur. Dengan cara ini Anda akan terhindar dari sakit yang diakibatkan kontraksi palsu tersebut.

Kondisi fisik yang terlalu lelah juga akan membuat ibu hamil ini merasa pusing. Jika, hal tersebut memang terjadi pada Anda, penyebabnya bisa karena Anda kekurangan darah. Inilah pentingnya para ibu hamil melengkapi sajian nutrisinya setiap hari dengan berbagai gizi yang yang baik agar tidak mengalami hal tersebut.

Salah satu nutrisi yang bisa mengurangi hal tersebut adalah perbanyak konsumsi zat besi dan zat seng. Kekurangan darah ini tidak hanya akan menimbulkan pusing, para ibu hamil di usia akhir atau 9 bulannya ini akan merasakan sakit di kaki yang dapat juga memicu kram.

4. Merasa Tidak Nyaman Dengan Kondisi Tubuh

Merasakan hal tidak nyaman pada tubuh saat memasuki usia kehamilan 9 bulan ini tentunya adalah hal wajar. Tidur dan beraktivitas tentunya tidak akan membuat Anda nyaman dengan beban yang bertumpu pada bagian depan tubuh Anda yang semakin hari semakin besar dan berat.

Belum lagi perubahan dari posisi janin yang ada di dalam rahim yang dapat menimbulkan tekanan pada bagian bawah pinggul dari ibu hamil. Ada juga ibu hamil yang merasakan keluhan di usia kehamilan 9 bulan yaitu seperti rasa gatal pada bagian perut.

Rasa gatal pada perut yang dialami ibu hamil usia 9 bulan ini adalah hal yang wajar selama itu tidak berkepanjangan dan mengganggu Anda di waktu istirahat. Jika, hal ini memang terus berlanjut sebaiknya dikonsultasikan langsung dengan dokter Anda.

Nah itulah tadi beberapa keluhan normal yang sering dialami ibu hamil di usia kehamilan 9 bulan. Sebenarnya masih banyak sekali keluhan lainnya yang ibu hamil rasakan jika telah memasuki usia kehamilan 9 bulan ini.

Di bawah ini adalah beberapa solusi seperti dilansir dari Biofar.id yang bisa Anda gunakan para ibu hamil di usia 9 bulan jika mengalami kesulitan.

  1. Ibu hamil kadang susah untuk membungkuk terlalu kebawah. Namun, jika itu memang harus Anda lakukan, maka sebaiknya tekuklah kedua kaki Anda sebelum membungkuk agar Anda tidak terpeleset.
  2. Barang yang terlalu tinggi tentunya beresiko tinggi untuk dapat diraih sendiri oleh ibu hamil. Untuk itu, sebaiknya Anda meminta tolong untuk hal tersebut agar resiko negatif dapat terhindari.
  3. Jika tubuh Anda terasa terlalu lelah, maka gunakan waktu yang cukup untuk beristirahat seperti duduk atau berbaring. Buat diri Anda senyaman mungkin untuk mengurangi tekanan pada pinggan atau pun pada punggung Anda.
  4. Aturlah pola makan Anda sesuai dengan nutrisi dan gizi hamil 9 bulan. Ini fungsinya agar Anda bisa melancarkan pencernaan dan juga kondisi fisik tetap terjaga.
  5. Kalaupun Anda memang agak kurang nafsu makan, maka Anda bisa mengurangi porsi makannya tapi usahakan agar sesering mungkin agar uluh hati Anda tidak merasakan kepanasan.
  6. Jika Anda lebih suka nyemil, maka gunakanlah cemilan yang sehat seperti buah yang segar atau juga biskuit.
  7. Relaksasi pun bisa Anda lakukan jika Anda adalah wanita karir yang sedang hamil 9 bulan. Relaksasi ini penting jika tubuh Anda mengalami ketegangan dan juga merasa tertekan. Anda bisa meminta cuti lebih awal untuk menghadapi persalinan nantinya.
  8. Olahraga ringan jika Anda sedang berada di kantor dan di duduk depan komputer bisa Anda lakukan dengan cara menarik badan dengan mengangkat tangan atau berjalan keliling koridor kantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: