Loading

wait a moment

6 Mitos Tentang Kehamilan

Masyarakat tanah air memiliki banyak keyakinan yang dibawa sejak orang-orang tua terdahulu yang sampai sekarang ini pun masih sangat dipercaya, seperti beberapa mitos tentang kehamilan. Kita sebagai masyarakat Indonesia yang kaya akan budaya dan adat memang memiliki berbagai cerita dan mitos yang melegenda, bahkan mitos-mitos tersebut juga ada perihal kehamilan.

Ada banyak mitos seputar kehamilan yang beredar luas di kalangan masyarakat bahkan hampir sebagian besar masyarakat kita sangat percaya dengan mitos tersebut walaupun beberapa diantaranya tidak memiliki bukti akurat bahkan telah dibuktikan oleh medis jika mitos tersebut tidak benar.

Nah, agar Anda tidak perlu memusingkan tentang mitos-mitos tersebut dan Anda dapat fokus untuk menjaga tumbuh kembang janin berikut ini saya paparkan beberapa mitos yang paling banyak menyesatkan Ibu hamil.

Mitos Tentang Air Kelapa

Tidak dapat dipungkiri jika air kelapa yang berada dari pohon kelapa adalah jenis minuman yang mengandung banyak manfaat. Seperti yang kita ketahui air kelapa dapat membantu kita untuk mengatasi masalah dehidrasi dan berbagai manfaat lainnya. Namun selain itu ada pula beberapa mitos yang cukup dipercayai kalangan masyarakat mengenai manfaat air kelapa pada kehamilan.

  • Air kelapa dipercaya dapat membantu proses persalinan. Mitos ini mungkin sudah akrab di telinga Anda, namun sampai sekarang ini belum ada satu pun pakar yang berhasil membuktikan jika air kelapa dapat membantu memperlancar proses persalinan Ibu hamil.
  • Menyuburkan rambut. Ya, ini juga merupakan mitos yang banyak beredar, namun faktanya air kelapa sama sekali tidak memiliki kaitan dengan rambut janin di dalam kandungan Anda.
  • Menghaluskan kulit bayi, ini sangat jelas jika hanya mitos belaka. Setiap bayi yang lahir dalam keadaan normal itu memang memiliki kulit yang halus. Bahkan air kelapa juga tidak memiliki pengaruh pada warna kulit bayi Anda, karena hal tersebut dipengaruhi oleh faktor genetik. Anda tentunya tidak bisa berharap jika bayi yang Anda lahirkan akan berkulit putih jika Anda memiliki warna kulit yang gelap.

Sering Minum Es Menyebabkan Janin Membesar

Kita banyak mendengar saran dari orang-orang terdekat, hal seperti itulah yang juga akan terjadi pada Ibu hamil. Salah satu mitos yang sering diceritakan adalah larangan keras seorang Ibu hamil untuk sering minum es atau air dingin.

Konon hal tersebut akan membuat janin di dalam kandungan menjadi besar yang membuat Ibu hamil sulit melahirkan. Faktanya hal tersebut sama sekali tidak benar, bahkan para pakar pun sepakat jika es atau air dingin sama sekali tidak berkaitan dengan besar tidaknya janin yang ada dalam kandungan.

Namun bukan berarti para pakar mengatakan janin di dalam kandungan tidak akan membesar. Menurut hasil penelitian ada banyak faktor yang bisa menyebabkan janin jadi besar, salah satunya adalah minum air dingin, makan es krim manis yang di tambah dengan gula atau bahkan madu.

Paduan asupan tersebut sangat mungkin membuat janin membesar karena kelebihan asupan protein dan nutrisi. Selain itu faktor genetik juga berpengaruh besar.

Mitos Tentang Jenis Kelamin

Setiap Ibu hamil pastinya memiliki rasa penasaran dengan jenis kelamin buah hatinya sejak berada dalam kandungan. Hal tersebut sangatlah wajar dan satu-satunya cara untuk mengetahui jenis kelamin janin adalah melalui pemeriksaan USG. Nah, Anda mungkin sering mendengar dua mitos yang konon menandakan jenis kelamin janin yang Anda kandung.

  • Jika perut Ibu hamil bentuknya membulat maka jenis kelamin janin adalah perempuan.
  • Jika putting paayudara dan leher Ibu hamil menggelap maka jenis kelamin janin adalah laki-laki

Hasil penelitian menunjukkan jika dua mitos tersebut sama sekali tidak benar, bentuk perut Ibu hamil itu dipengaruhi oleh posisi janin yang ada di dalam kandungan, jika posisinya memanjang maka seperti itulah posisi janin yang ada dalam kandungan Anda. Selain itu jumlah cairan ketuban dan otot-otot juga akan mempengaruhi bentuk perut Ibu hamil.

Sedangkan warna gelap pada puting payudara dan leher Ibu hamil juga tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin. Jika leher dan puting payudara Anda menjadi gelap maka hal tersebut dipengaruhi oleh peningkatan hormon progesterone dan melanost yang merupakan sebuah hormon yang mengatur pigmentasi pada kulit.

Mitos Daging Kambing

Daging kambing sebenarnya merupakan makanan dengan cita rasa tersendiri, namun tidak dapat dipungkiri jika daging kambing memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Nah karena hal tersebut pula muncul sebuah mitos yang melarang Ibu hamil mengkonsumsi daging kambing.

Tapi mitos ini dibantah oleh para pakar kehamilan, menurut mereka Ibu hamil sah-sah saja mengkonsumsi daging kambing bahkan tidak ada salahnya untuk mengonsumsinya. Namun daging kambing harus dikonsumsi dalam porsi yang wajar bahkan mitos ini baru berpengaruh kepada Ibu hamil yang memiliki tingkat kolesterol dan juga mengalami penyakit jantung karena bisa menimbulkan kondisi yang berbahaya.

Kedelai untuk Memutihkan Kulit

Mitos ini jelas sangat menyesatkan, karena seperti yang saya sebutkan di atas perihal warna kulit iu sangat bergantung pada faktor genetik dari orang tua yang diturunkan ke anak-anaknya.

Ya, mengkonsumsi makanan yang terbuat dari kedelai atau mengkonsumsi susu kedelai tidak akan berpengaruh kepada kulit janin.

Tidak Boleh Mengkonsumsi Nanas, Pisang dan Mentimun

Salah satu mitos tentang kehamilan yang begitu dipercaya turun-temurun adalah Ibu hamil sama sekali tidak boleh mengkonsumsi buah pisang, mentimun dan nanas. Pasalnya ketiga jenis buah tersebut dapat menyebabkan keputihan bahkan nanas disebut dapat menyebabkan keguguran.

Faktanya tidak seperti itu, bahkan Ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsinya karena memiliki kandungan yang sangat bermanfaat seperti vitamin C bahkan asam folat yang merupakan asupan super bagi Ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: