Loading

wait a moment

Pantai di Indonesia yang Indah dengan Air Terjunnya

Memiliki wilayah yang terdiri dari banyaknya pulau, tak heran jika indonesia memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Banyaknya pantai di Indonesia yang membentang dari Sabang hingga Merauke malah mempunyai karakteristik yang berbeda. Ada yang berpasir putih landai, ada yang berpasir hitam dan aja juga yang letaknya tersembunyi di dekat tebing karang.

Bagi kebanyakan orang, menghabiskan waktu di pantai untuk melepaskan lelah bersama sahabat, keluarga atau orang tersayang yaitu alternatif yang tepat. Tapi saking banyaknya pantai yang ada di Indonesia ini kadang-kadang kita dibuat gelisah dalam mempertimbangkan pantai mana yang akan dikunjungi sebagai destinasi liburan.

Dari banyaknya pantai, ternyata ada 5 pantai di Indonesia yang makin indah dengan adanya air terjun. Ingin tau apa aja pantainya? Yuk, simak review di bawah ini:

1. Pantai Banyu Anjlok, Malang

telusurindonesia.co

Mungkin beberapa dari kamu belum mengetahui perihal eksistensi pantai yang dianugerahi air terjun lantas menghadap ke Samudra Hindia ini. nama banyu anjlok diambil dari bahasa jawa yang berarti air yang jatuh. pantai ini adalah salah satu pantai yang mempesona dari sekian banyak pantai yang ada di Malang.

Karena keunikan pantai yang terletak di daerah Dampit, desa Tirtoyudo, Malang ini, banyak sekali pelancong yang terpesona untuk melihat lebih dekat dan mau menikmati asiknya bermain di pantai yang memiliki air terjun. malahan banyak juga wisatawan yang betah berlama-lama di pantai ini.

Cara menuju pantai banyu anjlok: untuk mencapai pantai banyu anjlok ini memerlukan waktu kurang lebih sekitar 3 jam dari pusat kota malang menuju desa Tirtoyudo. setelah hingga di desa Tirtoyudo, perjalanan bisa diteruskan dengan berjalan kaki selama 30 menit atau memakai sepeda motor selama 10 menit.

2. Pantai Jogan, Yogyakarta

wikipedia.org

Dari banyaknya pantai yang ada di daerah gunung kidul, pantai jogan ini menjadi satu-satunya pantai unik sebab adanya air terjun yang menghiasinya. Pantai yang memiliki air terjun setinggi 10 meter ini sungguh-sungguh menarik hati wisatawan.

Untuk menikmati segarnya air terjun, kamu harus turun kebawah dengan via turunan licin dan berair. namun tidak perlu kuatir karena sudah ada kayu-kayu untuk berpegangan dan menopang tubuh.

Pantai jogan ini berada persis di sebelah barat pantai Siung tepatnya terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cara menuju pantai jogan: untuk menempuh pantai jogan ini dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dan mencapai jarak sekitar 70 km dari sentra kota yogyakarta. menerapkan kendaraan pribadi ialah cara terbaik untuk mengunjungi pantai ini. rute yang bisa dilalui adalah Yogyakarta – Wonosari – Tepus – Purwodadi – Pantai Jogan

3. Pantai Toroan Madura

liputan6.com

Selain familiar dengan penghasil garam maupun sate, ternyata madura memiliki pantai yang menawarkan pemandangan air terjun sekalian pantai dalam satu tempat. Pantai ini berlokasi di Desa Ketapang, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang.

Air yang jatuh dari air terjun Toroan berasal dari Sungai Payung yang ada di Kecamatan Timur. di sekitar air terjun dan pantai ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang memberikan suasana teduh. Pengunjung tak perlu khawatir akan ombak yang datang sebab ombaknya akan dibendung batu-batu besar yang masih utuh sehingga tak segera sampai ke bibir pantai. kecuali bisa bermain air, pengunjung juga bisa menikmati cantiknya matahari terbenam di sore hari.

cara menuju pantai toroan: bila kamu datang dari arah surabaya, untuk mencapai pantai ini harus menempuh jarak sekitar 105 km. tetapi seandainya kamu datang dari arah ketapang, hanya perlu menempuh jarak sekitar 4 km saja.

Jalan masuk jalan menuju pantai ini belum demikian itu baik, sehingga harus lebih berhati-hati. sebab lokasi pantai ini tidak terlalu jauh dari jalan raya, kamu dapat mencapainya dengan memakai angkutan umum. jika kau menggunakan kendaraan sepertii roda dua, kamu dapat membawanya langung segera hingga menuju pantai.

4. Pantai Banyu Tibo, Pacitan

kompasiana.com

Dari banyaknya pantai yang mulai dikenal masyarakat luas, pantai banyu tibo ini mempunyai keunikan tersendiri, yaitu Panorama air terjun yang seketika jatuh ke laut. ini betul-betul langka sekali, Sebab biasanya air terjun cuma dapat ditemui di bukit-bukit atau di dataran tinggi. Pantai ini terletak di daerah Donorojo, Desa Widoro, Kecamatan Pacitan, Jawa Timur. Namun letak pantai ini persisnya ada diperbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kenapa pantai ini bernama pantai banyu tibo? Pantai banyu tibo ini sendiri ialah nama yang diberi oleh masyarakat sekitar. Nama “Banyu Tibo” diambil dari bahasa jawa yang artinya air jatuh, dimana disekitar pantai ada air terjun yang mengalir.

Metode menuju Pantai Banyu Tibo: untuk mencapai pantai banyu tibo ini kamu dapat melalui jalan utama Pacitan – Solo, tepatnya di pertigaan dekat Masjid Besar Punung. dari pertigaan ini ambil arah ke kiri jika berangkat dari pacitan, ikuti terus jalan aspal jalur Goa Gong. kemudian ikuti terus jalannya hingga menemukan papan tanda arah ke pantai banyu tibo.

5. Pantai Nambung, Lombok

lombokbaratkab.go.id

Pantai yang dipenuhi dengan bebatuan karang besar ini juluki “Tanjung Jagog”. dengan adanya Deretan batuan karang yang tinggi kemudian dihempas oleh ombak besar yang datang dari sisi timur selatan, maka akan menyusun sebuah panorama alam yang indah. terjangan ombak itu membuat batu karangnya seperti sebuah Air Terjun.

Pantai ini yang berlokasi di bagian selatan Pulau Lombok ini kini menjadi salah satu destinasi liburan Lombok yang mulai dilirik para wisatawan lokal ataupun wisatawan mancanegara. Untuk mendapatkan pemandangan air terjun yang sempurna, sebaiknya pengunjung datang diantara jam 10.00 pagi hingga jam 03.00 petang.

Cara menuju pantai Nambung: Cara terbaik untuk mencapai pantai nambung ini memakai kendaraan pribadi atau menggunakan jasa sewa kendaraan beroda empat di lombok. bila berangkat dari kota mataram, waktu yang dibutuhkan sekitar 2.5 Jam. Rute yang dapat dilalui yakni Mataram kemudian menuju Gerung dan terus ke arah Pelabuhan Lembar. Sesudah itu lanjutkan perjalanan menuju wilayah Sekotong. ambil arah ke Teluk Sepi dan ikuti terus jalannya sampai pertigaan Pasar Buwun Mas. seandainya sudah kelihatan view pantai yang menawan, berarti telah mendekati pantai Nambung

Nah itulah 5 pantai di Indonesia yang makin indah dengan adanya air terjun. Semoga artikel ini dapat menjadi pandangan baru untuk destinasi liburan kau berikutnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: