Loading

wait a moment

Tips Praktis Presentasi Dalam Bahasa Inggris

membuat tabel di excel

Di era yang modern tentunya bahasa Inggris dibutuhkan demi pencapaian pekerjaan yang kita inginkan. Memang tidak bisa dipungkiri bahasa inggris saat ini menjadi satu syarat wajib oleh seorang yang akan melamar pekerjaan yang diinginkan.

Berkaitan dengan hal tersebut, dalam artikel ini akan dibahas tentang cara praktis bagaimana melakukan presentasi dalam bahasa Inggris dengan cara yang praktis dan membumi. Dalam pelajaran singkat ini kamu bisa langsung pintar dalam presentasi bahasa Inggris.

Dalam presentasi bahasa Inggris, kita sebagai seorang yang belum paham  bahasa Inggris pasti sangat kesulitan dalam melakukan presentasi. Untuk itu kita akan membahas tips apa saja yang akan di pelajari dalam presentasi bahasa Inggris.

Tidak perlu lagi kita berlama-lama, dalam artikel kali ini perlu dipahami apa saja sih, tips-tips yang harus kita ikuti.

Kalimat Pembuka

Image Source: ytimg.com

Pada dasarnya kita harus menguasai kalimat pembuka yang akan disampaikan dalam presentasi bahasa Inggris. Pembuka dalam presentasi pasti harus dilakukan dengan sangat baik, karena akan sangat berpengaruh nantinya. Oleh sebab itu, harus diperhatikan bagaimana kamu akan akan memulai salam pembuka.  Misalnya dimulai dengan kalimat pembuka;

Good Morning, ladies and gentlemen. Thank you very much,

for coming to this presentasi.

Dengan begitu kamu bisa memulai tips yang kedua yang juga sam pentingnya dengan tips yang pertama.

Perkenalkan Diri

Setelah melakukan tips pertama kamu akan melakukan tips yang kedua yaitu perkenalan diri. Perkenalan diri  sangat wajib bagi kamu yang akan melakukan presentasi. Kamu akan menjelaskan siapa dirimu sebelum melakukan presentasi. Oleh sebab itu kamu tidak jangan lupa mengenalkan diri kepada audience yang berada di hadapanmu.

Seperti contoh;

Let me introduce ourselves. I am Arif Muhammad, and my partner Fiki Rama.

We are from Jakarta.

Maksud dan Tujuan Melakukan Presentasi

Selanjutnya, kamu harus memberi tahu kepada audience maksud dan tujuan kamu melakukan presentasi, yang ini jelas wajib dilakukan dan sangat penting. Kamu tidak mau kan kalau sampai jadi bahan tertawaan di depan audience.

Langsung saja ke contoh berikut.

Okay my partner, in this presentation we will discuss about..

Menyampaikan Materi Dengan Baik

Dari sini kamu akan mendapat tekanan yang cukup besar. Menyampaikan materi adalah hal yang paling ditunggu oleh para audience. Oleh sebab itu, kamu jangan sampai panik dalam penyampaian materi yang akan kamu beri kepada para audience dan kamu juga memberi alasan.

Memberikan Kesempatan pada Audience Untuk tanya Jawab.

Setelah kamu selesai dalam penyampaian materi. Kamu  perlu memberi kesempatan untuk audience mengajukan pertanyaan perihal yang kamu sampaikan. Agar tidak terlalu memakan waktu cukup banyak, kamu hanya memberi kesempatan kepada beberapa orang saja, misalnya 5 orang. Hal ini dapat mempersingkat waktumu dalam melakukan presentasi dan tidak begitu menguras pikiranmu sendiri. Seperti contoh mudah berikut.

Anybody would like to ask ?

Kesimpulan

Setelah selesai presentasi. Kamu harus memberikan kesimpulan dari apa yang kamu bahas dalam presentasi. Oleh sebab itu, hal ini sangat penting dilakukan dalam melakukan presentasi. Jadi hanya perlu meringkas apa meteri yang disampaikan sebelumnya dan meringkas jawaban dari pertanyaan terhadap kamu sebelumnya.

Penutup

Terakhir adalah penutup. Kamu harus melakukan penutup dengan sangat baik dan juga sopan dalam penyampaiannya.

Seperti contoh;

Thank you, for your great attention, ladies and gentlemen.

May all those we have share be.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: