Loading

wait a moment

Biografi Rutherford Hayes Presiden Pembawa Perdamaian 

Rutherford Hayes atau Rutherdford Birchard Hayes merupakan presiden Amerika Serikat yang ke-19. Dalam biografi Rutherford Hayes disebutkan bahwa sepak terjangnya di dunia politik dan kepemimpinan sangat menginspirasi karena mampu meredam pertikaian sipil yang terjadi di Amerika waktu itu.

Tentu saja karier politiknya tidak didapat dengan mudah. Dimulai dari menjadi Dewan Perwakilan Rakyat Amerika dapil Ohio, menjabat gubernur Ohio, dan mencapai puncaknya saat menjabat sebagai presiden Amerika Serikat menggantikan Ulysses S. Grant. Berikut adalah biografi singkat dari Rutherford Hayes.

Kehidupan Awal dan Pendidikan Rutherford Hayes

Image Source: kenyon.edu

Hayes dilahirkan pada tanggal 4 Oktober 1822, di Delware Ohio dari pasangan Ayah Rutherford, dan ibu Sophia Bichard Hayes. Ia dilahirkan sebgai yatim karena ayahnya meninggal tepat dua bulan sebelum Hayes dilahirkan. Kedua orang tuanya datang dari Dummerston, Vermont ke Ohio pada tahun 1817.

Rutherford akhirnya dibesarkan bersama saudara perempuannya bernama Fanny Arabella oleh ibunya, dibantu oleh saudara laki-laki ibunya yaitu Sardis Bichard. Hayes kecil memulai pendidikan di Delware dan Norwalk, Ohio, dan Middletown, Connecticut. Hingga akhirnya lulus dari Kenyon College pada 1842.

Selanjutnya, disebutkan dalam biografi Rutherford Hayes bahwa ia melanjutkan studi ke Columbus Law Office selama setahun untuk kemudian melanjutkan ke Harvard Law School dan lulus pada tahun 1845. Hingga pada 1852, Hayes menikah dengan Lucy Ware Webb dari Chilicothe, Ohio.

Perjalanan Karier Rutherford Hayes

Masa setelah lulus dari Harvard, Hayes sempat membuka sebuah konsultan hukum. Melihat peluang di Lower Sandusky yang tidak menjanjikan, Hayes akhirnya memindahkan praktek ke Cincinnati pada tahun 1849. Di sini, karier Hayes sebagai Pengacar melejit naik karena penentangannya terhadap perbudakan.

Hingga kemudian Hayes ditarik masuk ke dalam partai Republik sesaat setelahnya. Pada saat perang sipil dimulai, Hayes tidak berdiam diri. Ia menawarkan diri untuk masuk sebagai pasukan membela Ohio. Hayes dipromosikan mayor di infanteri ke-23 sukarelawan Ohio oleh Gubernur William Dennison.

Karena partisipasi aktifnya, Hayes cepat dipromosikan dan mendapat pangkat Mayor Jenderal. Hingga pada 14 September 1862, Hayes mendapatkan luka cukup parah dari pertempuran di South Mountain. Perjalanan karier selanjutnya sudah memasuki ranah politik.

Masa Kepemimpinan Rutherford Hayes

Memasuki tahun 1864, saat Hayes masih berada dalam satuan prajurit, Hayes dicalonkan menuju Kongres meskipun ia sendiri tidak menginginkannya. Hingga Federasi memenangkan perang, Hayes tidak pernah mengambil bagiannya dalam kongres tersebut.

Pada tahun 1866, Hayes terpilih menjadi Gubernur Ohio atas pemilu yang dilakukan oleh rakyat. Tahun-tahun selanjutnya, Hayes menjalankan tugas sebagai gubernur dan memilih mengundurkan diri saat tiba periode kepemimpinan keduanya di tahun 1872 dan pindah ke Fremont di bulan Mei 1873.

Dalam biografi hayes selanjutnya disebutkan, partai Republik memilihnya menjadi kandidat presiden pada pemilihan 1876. Hayes memenangkan pemilu setelah mengambil penugasan spesial karena situasi pemilu yang tidak kondusif. Hayes mengambil sumpah sebagai presiden secara tertutup pada 3 Maret 1877.

Selama masa kepemimpinannya, presiden Hayes bekerja keras untuk memecahkan masalah pertikaian yang sedang terjadi. Selain mengurangi peran militer dalam negara, Hayes juga mengembalikan hak-hak sipil dan melindunginya. Langkah inilah yang membuat Hayes terkenal.

Itulah sekilas tentang biografi Rutherford Hayes yang sangat menginspirasi. Perjuangan mengembalikan luka pasca perang sipil di Amerika memang tidak mudah. namun kebijakan dan tangan dingin Hayes mampu mengantarkan Amerika melalui semua masa lalu buruk tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: