Loading

wait a moment

5 Seni Menakjubkan dari Tarian Adat Banten (Yang Sangat Populer)

Tari Bentang Banten

Banyak yang beranggapan bahwa tarian adat Banten hampir sama dengan budaya provinsi terdekatnya yaitu Jawa Barat. Namun, seiring dengan berjalannya waktu terbentuk suatu kekhasan yang hanya dimiliki oleh provinsi yang berdiri tahun 2000 tersebut.

Peran andil dari seniman dan koreografer lokal memberikan sumbangan yang cukup besar bagi keragaman seni daerah Banten. Ini menunjukkan bahwa adat istiadat juga sangat terbuka menerima perkembangan zaman asalkan tidak memberikan perubahan secara total dan masih pada patternnya.

Tari Grebeg Terbang Gede

Tari Grebeg Terbang Gede

Keragaman budaya Banten salah satunya ditunjukkan pada tarian daerahnya. Grebeg Terbang Gede merupakan kesenian tradisional yang sering dipentaskan saat ini terutama ketika acara penyambutan tamu besar.

Gerakan yang disajikan merupakan perpaduan antara tarian dan pencak silat. Tarian lokal tersebut menjadi simbol karakter warga Banten yang ramah, terbuka, dan religius. Busana yang dikenakan pun sangat unik dan seni ini lebih sering dipentaskan oleh penari wanita yang jumlahnya 6 orang atau lebih.

Tari Walijamaliha

Tarian ini merupakan seni kreasi yang diciptakan oleh para seniman Banten. Budaya tersebut sangat lekat dengan tradisi dan juga syariat Islam. Kesenian Walijamaliha sering ditampilkan pada beberapa acara penting dengan maksud agar warga semakin mengenal kekayaan budaya yang dimiliki saat ini.

  • Menunjukkan keragaman etnis

Gerakan yang diperagakan oleh penari menggambarkan keberagaman yang dimiliki oleh Banten namun warga tetap hidup dengan rukun. Selain itu karakter budaya juga terlihat jelas dari eksperi penari yang riang gembira, hangat, dan ramah.

  • Terdiri dari 6 adegan pokok

Adegan yang terdapat di budaya tradisional tersebut berasal dari rukun iman, shalawat, dan juga pujian yang terdapat pada kitab Barzanzi.

Dibawakan oleh penari wanita

Tari Walijamaliha dibawakan oleh 6 penari wanita yang mengenakan baju bernuansa religi. Warna yang dipakai juga tidak mencolok yang menunjukkan budaya lemah lebut wanita Banten.

Tari Cokek

Perpaduan antara budaya Tionghoa dan Banten tersaji dengan apik pada tarian ini. Selain itu, pengiringnya juga menggunakan alat musik khas daratan Cina yaitu Rebab Dua Dawai ditambah dengan alunan Gambang Keromong.

Seni khas lokal tersebut sering dipentaskan pada beberapa acara khusus seperti perayaan ulang tahun Banten dan juga penyambutan tamu besar. Kostum yang dikenakan lebih didominasi oleh warna hijau yang memberikan kesan ceria.

Tari Bendrong Lesung

Sesuai dengan namanya, tarian adat banten ini menggunakan peralatan lesung saat pentas. Namun sayang, adat istiadat ini sekarang sudah mulai jarang ditampilkan dan mulai bergeser fungsinya. Adapun ciri khas dari tari Bendrong Lesung adalah:

  • Dibawakan saat musim panen raya
  • Penari memukul-mukulkan lesung sembari menari
  • Iringan musik tradisional ditambah dengan suara lesung yang dipukul
  • Lebih sering digelar pada acara pernikahan dan event besar lainnya

Tari Bentang Banten

Tari Bentang Banten

Karena terbilang provinsi yang masih muda, maka tak heran jika sebagian besar kesenian daerah yang dimiliki merupakan hasil kreasi dari seniman setempat seperti Tari Bentang Banten.

Meskipun termasuk dalam tarian kontemporer, namun adat istiadat setempat masih dipegang teguh. Budaya banten ini dimainkan oleh penari wanita dengan gerakan yang cantik. Kostumnya juga khas menggunakan pakaian adat daerah tersebut.

Mempelajari berbagai macam tarian adat banten membuat Anda sadar bahwa negara kita ini memiliki kekayaan yang tak ternilai harganya. Supaya generasi selanjutnya bisa menikmati kesenian khas daerah tersebut, Anda juga harus berperan dalam menjaga kelestariannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: